Saturday, February 2, 2019

MANFAAT AQIQAH

MANFAAT AQIQAH

aqiqah surabaya, manfaat aqiqah
aqiqah surabaya

1. Aqiqah praktis adalah sembelihan yang dipersembahkan kepada Allah Ta’aala dari bayi ketika pertama kali keluar ke dunia.


2. Aqiqah membebaskan bayi dari ketergadaiannya sebagaimana hadits diatas. Berkata Imam Ahmad -Rahimahullah: ‘Tergadai tidak bisa memberi syafaat kepada kedua orang tuanya’ .

3. Aqiqah adalah tebusan untuk menebus bayi sebagaimana Allah Ta’aala menebus Ismail putra Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam ketika disembelih dengan seekor kambing.


4. Masih banyak lagi hikmah Allah Ta’aala dalam syariat dan ketentuanNya, yang diharapkan aqiqah tersebut menjadi sebab baiknya pertumbuhan anak, terus ‘ menerus keselamatannya, panjang umurnya dalam penjagaan Allah dari bahaya syaitan, bahkan tiap-tiap anggota tubuh dari hewan aqiqah tersebut adalah tebusan atas tiap-tiap anggota tubuhnya.

Hukum Menggabung Aqiqah dengan Qurban

Berkata Abu Abdillah Al Imam Ahmad bin Hanbal -Rahimahullah : “Aku berharap qurban mencukupi dari aqiqoh -insya Allah, bagi siapa yang belum aqiqoh”


Berkata Ibnul Qoyyim -Rahimahullah : ‘Jika seseorang berqurban dan berniat sebagai aqiqah dan qurban maka hal itu terjadi untuk keduanya sebagai mana seorang yang shalat dua rakaat dengan niat tahiyatul masjid dan sunnah maktubah (rawatib) ‘



No comments:

Post a Comment